Memahami Peran Akuntansi dalam Meningkatkan Perkembangan UMKM

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia istilah UMKM mungkin tidak asing ditelinga mereka. UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah sektor perekonomian yang tetap berdiri ketika krisis ekonomi. UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, karena UMKM dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia serta terbukti telah merangsang pertumbuhan ekonomi nasional secara berkesinambungan. Melihat peran UMKM yang begitu penting, dibutuhkan dorongan dari semua pihak untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM menjadi lebih maju, baik, dan modern.

Dalam prakteknya masih banyak pelaku UMKM yang menganggap akuntansi tidak terlalu penting dalam kegiatan usaha mereka, contohnya mereka belum menyadari bahwa pencatatan laporan keuangan dan pembukuan yang rapi diperlukan untuk mengetahui sehat atau tidaknya usaha yang mereka jalankan. Akibatnya wajar jika mereka tidak memiliki pembukuan pada usaha yang dijalankan dan akan berdampak buruk bagi usaha mereka kedepannya,

Kebanyakan pelaku UMKM lebih berfokus pada kegiatan untuk memasarkan produk usahanya, mencari sebanyak banyaknya konsumen dan supplier, serta memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. Akan tetapi mereka lupa untuk mengetahui secara rinci laporan keuangan terhadap pendapatan yang masuk dan arus biaya yang keluar. Suksesnya UMKM bukan sekedar hanya untuk menjual produk atau jasa, tetapi juga menariknya marketing yang dijalankan disertai dengan pencatatan laporan keuangan yang tersusun rapi.

Pelaku UMKM sendiri biasanya hanya mengandalakan insting tanpa menerapkan akuntansi yang baik dalam usaha mereka, yang akhirnya berdampak buruk bagi pelaku usaha tersebut karena mengalami banyak hambatan. Hambatan yang biasa terjadi dalam kegiatan usaha para UMKM ini diantaranya, tidak tercatatnya pemasukan dan pengeluaran dengan benar yang mengakibatkan kerugian, Oleh sebab itu, Akuntansi memiliki peran penting dalam meningkatkan perkembangan UMKM, karena tanpa disadari banyak orang telah mengaplikasikan ilmu akuntansi dalam kehidupan sehari-hari. Nah apa saja peran akuntansi dalam meningkatkan perkembangan UMKM? Mari kita simak penjelasan dibawah ini, supaya semua masyarakat dan pelaku UMKM memahami pentingnya peran akuntansi untuk membangun usaha yang sedang dijalankan.

 

  1. Sebagai alat pengontrol dan pengendali

Seperti yang kita ketahui akuntansi berperan mengontrol setiap informasi yang berkaitan dengan keuangan, hal ini berkaitan dengan apakah bisnis UMKM mendapatkan keuntungan atau tidak dalam periode waktu yang dijalankan.

  1. Sebagai alat pengambilan keputusan

Dengan adanya laporan keuangan, maka laporan tersebut akan menjadi alat untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam mengembangkan usaha yang kita miliki

  1. Mengetahui posisi keuangan

Pelaku UMKM dapat mengetahui jumlah transaksi pembelian dan penjualan yang terjadi didalam usaha yang mereka jalankan, dengan demikian mereka dapat mengetahui jumlah modal dan jumlah utang piutang yang dimiliki serta nilai aset dalam usahanya

  1. Sebagai alat informasi

Akuntansi berperan dalam memberikan informasi bagi pelaku UMKM, investor, dan para pegawai ketika terjadi masalah keuangan. Akuntansi dapat menjadi alat untuk berfikir mengenai kondisi yang terjadi dalam usaha yang sedang mereka jalankan.

Setelah menyimak peran penting akuntansi dalam perkembangan UMKM, diharapkan pemilik UMKM serta masyarakat umum dapat melakukan siklus akuntansi dan dapat memanfaatkan informasi akuntansi untuk menjalankan bisnis usahanya. Selain itu, diharapkan bagi pemerintah ataupun lembaga lainnya untuk memberikan sosialiasai atau pengarahan terhadap pentingnya peran akuntansi kepada pelaku UMKM. Yuk mari kita bersama-sama menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya akuntansi dalam sebuah usaha, agar usaha yang sedang kita jalankan dapat berjalan semaksimal mungkin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.