Fungsi, Tipe dan Manfaat Anggaran

Anggaran merupakan suatu perencanaan yang telah disusun oleh perusahaan ecara sistematik dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan selama satu periode tersebut. anggaran sering juga disebut dengan perencanaan keuangan karena anggaran tersebut disusun dan dinyatakan dalam bentuk moneter. Anggaran dalam sebuah perusahaan dapat digunakan sebagai pengukur efektivitas dan efisien atau tidak sebuah perusahaan tersebut, semua kegiatan perusahaan tersebut juga harus direalisasikan dengan satuan uang dan dinyatakan dalam bentuk kualitatif. Peganggaran juga merupakan komitmen resmi manajemen yang bekaitan dengan harapan dari manajemen itu sendiri tentang pendapatan, Biaya dan berbagai transaksi keuangan dalam satu periode yang akan datang. Anggara perusahaan merupakan suatu proses perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan yang dijelaskan dalam sebuah kegiatan dengan tujuan untuk mengestimasikan operasi perusahaan dalam estimasi keuangan.

Fungsi Anggaran

Ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh anggaran dalam sebuah perusahaan diantaranya adalah:

  • Fungsi Perencanaan

Perencanaan merupakan salah satu fungsi manajemen yang merupakan dasar dari pelaksanaan fungsi manajemen lainnya. Pimpinan dari perusahaan harus lebih dulu merumuskan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang serta hasil apa saja yang ingin dicapai dari kegiatan-kegiatan tersebut, serta bagaimana melaksanakannya. Dengan adanya perencana tersebut, maka aktifitas akan dapat terlaksana dengan baik.

  • Fungsi Pengawasan

Pengawasan merupakan usaha-usaha yang ditempuh agar rencana yangtelah disusun sebelumnya dapat dicapai. Pengawasan ini juga dapat digunakan sebagai evaluasi prestasi kerja sekaligus perbaikan apabila diperlukan oleh perusahaan.

  • Fungsi Koordinasi

Untuk menciptakan koordinasi maka diperlukan adanya perencanaan yang baik yang dapat menunjukkan keselarasan yang sama antar bagian satu dengan bagian yang lainnya. Fungsi koordinasi ini menuntut adanya keselarasan tindakan pekerjaan setiap individu atau bagian yang ada didalam perusahaan untuk dapat mencapai tujuan yang sama. Untuk itu anggaran dapat digunakan sebagai alat koordinasi untuk semua bagian yang ada dalam perusahaan, karena kegiatan yang saling berkaitan antara satu bagian dengan bagian lain yang sebelumnya telah diatur dengan baik.

  • Anggaran Sebagai Pedoman Kerja

Anggaran merupakan suatu rencana kerja yang telah disusun dengan sistematis dan dinyatakan dalam unit moneter. Penyusunan anggaran seharusnya didasarkan pada pengalaman masa lalu dan estimasi pada masa yang akan datan, dan hal ini dapat dijadikan sebagai pedoman kerja bagi setiap unit atau bagian dalam perusahaan untuk menjalankan kegiatan.

Tipe Anggaran

  1. Ceiling Budget

Ceiling Budget merupakan tipe anggaran yang dipakai untuk tujuan-tujuan pengawasan. Anggaran jenis ini digunakan untuk pengawasi suatu instansi secara langsung dengan cara menentukan batasan-batasan pengeluaran melalui peraturan penggunaan/pemberian, atau secara tidak langsung dengan cara membatasi penghasilan instansi pada sumber yang diketahui dan jumlah yang terbatas.

  1. A Line-Item Budget

Tipe ini menggolongkan pengeluaran-pengeluaran berdasarkan jenisnya, tipe angaran ini digunakan untuk mengawasi jenis-jenis pengeluaran dan juga jumlah total dari pengeluran itu sendiri.

  1. Performance and Program Budgets

Tipe ini digunakan untuk menspesifikasi aktivitas-aktivitas atau program-program berdasarkan dana mana yang digunakan, dan dengan cara tersebut dapat membantu dalam evaluasi. Dengan cara memisahkan pengeluaran-pengeluaran berdasarkan fungsi atau berdasarkan jenis pengeluaran maupun berdasarkan sumber penghasilannya seperti pajak kekayaan atau biaya-biaya pemakaian, para administrator dan para anggota legislatif bisa mendapatkan laporan-laporan yang tepat mengenai transaksi-transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan yang nantinya akan digunakan untuk mempertahankan baik efisiensi ke dalam maupun pengawasan dari luar.

Manfaat Anggaran

Selain fungsi anggaran juga memiliki beberapa manfaat bagi sebuah perusahaan, Menurut Marconi dan Siegel (1983) dalam Hehanusa (2003, p.406-407) manfaat anggaran adalah :

  1. Anggaran merupakan hasil dari proses perencanaan, berarti anggaran mewakili kesepakatan negosiasi di antara partisipan yang dominan dalam suatu organisasi mengenai tujuan kegiatan di masa yang akan datang.
  2. Anggaran merupakan gambaran tentang prioritas alokasi sumber daya yang dimiliki karena dapat bertindak sebagai blue print aktivitas perusahaan.
  3. Anggaran merupakan alat komunikasi internal yang menghubungkan departemen atau unit yang satu dengan departemen unit yang lainnya dalam organisasi maupun dengan manajemen puncak.
  4. Anggaran menyediakan informasi tentang hasil kegiatan yang sesungguhnya dibandingkan dengan standar yang telah ditetapkan.
  5. Anggaran sebagai alat pengendalian yang mengarah manajemen untuk menentukan bagian organisasi yang kuat dan lemah, hal ini akan dapat mengarahkan manajemen untuk menentukan tindakan koreksi yang harus diambil.
  6. Anggaran mempengaruhi dan memotivasi manajer dan karyawan untuk bekerja dengan konsisten, efektif dan efisien dalam kondisi kesesuaian tujuan antara tujuan perusahaan dengan tujuan karyawan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.